a.
Page View Artikel
(semakin banyak page view yang dimiliki oleh sebuah artikel maka
artikel tersebut akan mampu merangkak ke posisi terbaik), jumlah
pengunjung yang banyak memiliki potensi meningkatkan page view setiap
artikel.
Artikel terkait: Cara meningkatkan page view untuk artikel baru
b.
Dwell Time
(waktu yang dihabiskan pengunjung terhadap sebuah artikel hingga dia
kembali ke hasil pencarian), semakin lama waktu yang dihabiskan
pengunjung maka google akan menilai artikel tersebut berkualitas.
Sebuah artikel
di wordstream yang ditulis oleh Dan shewan, memaparkan bahwa dwell time
adalah salah satu unsur penting yang melibatkan pengguna blog anda yang
dapat mempengaruhi peringkat blog anda dihasil pencarian.
Salah
satu cara agar pengunjung blog anda bisa berlama-lama untuk artikel
anda, maka anda harus mengupayakan membuat artikel yang benar-benar
berkualitas.
c.
SERP CTR (tingkat klik terhadap judul
artikel di hasil pencarian) serp ctr harus didukung oleh dwell time,
semakin sering orang mengklik judul tersebut di hasil pencarian dan
semakin berlama-lama pengunjung menghabiskan waktu untuk artikel
tersebut maka ini akan memberikan signal atau sebuah petunjuk untuk
mesin pencari bahwa artikel tersebut pantas untuk medapatkan posisi
terbaik di hasil pencarian.
Dalam sebuah artikel moz
yang ditulis oleh Dr. Peter J. Meyers, memaparkan bahwa SERP CTR dan
dwell time adalah 2 unsur dari banyak faktor yang melibatkan pengguna
yang dapat mempengaruhi nilai SEO blog anda.
Anda dapat melihat
informasi serp ctr di google webmaster tool, dan anda dapat menganalisa
setiap artikel sehingga anda akan mampu menyajikan artikel yang lebih
baik:
silahkan login di google webmaster tool
Masuk ke menu
search traffic >
search analitics
Jika
persentase ctr tinggi sedangkan nilai avg. position berada diantara 5
s/d 10 itu bisa memberikan petunjuk ke mesin pencari bahwa artikel
tersbut pantas untuk mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian,
kemungkinan besar artikel anda akan terus merangkak menempati posisi no 1
google.
d.
Bouncerate (waktu yang dihabiskan
pengunjung untuk menelusuri halaman blog) semakin kecil bouncerate itu
semakin baik, yang menandakan bahwa artikel yang disajikan berkualitas.
Bouncerate
salah satu faktor yang menjadi perdebatan dalam menentukan popularitas
blog di hsil pencarian, beberapa setuju bahwa bounce rate yang tinggi
dapat menurunkan peringkat situs dihasil pencarian, namun yang lain
termasuk matt cut beberapa tahun yang lalu pernah menyebutkan bahwa
bounce rate bukan merupakan rangking signal, tapi entah sampai kapan,
mungkin saja dalam waktu yang dekat bounce rate bisa menjadi salah satu
ranking signal.
e.
Google Chrome bookmarkSalah satu yang digunakan google untuk merekam aktivitas pengguna adalah google chrome,
Brian dean pemilik situs backlinko menyebutkan bahwa salah satu dari 200+ google ranking faktor
yang dapat memberikan sinyal atau petunjuk kepada mesin pencari yang
dapat mempengaruhi rangking suatu halaman blog adalah bookmark yang
dilakukan pengguna untuk artikel tersebut.
Lantas Bagaimana caranya agar artikel tanpa backlink bisa mendatangkan banyak pengunjung?
Tips membuat konten yang dapat meningkatkan visitor organik ke blog anda
Berdasarkan analisa, eksperimen dan pengalaman yang didukung menggunakan
optimasi seo onpage, teryata beberapa hal berikut ini mampu
meningkatkan pengunjung dari artikel blog anda tanpa melibatkan backlink
sedikitpun
1. Buatlah Judul yang memiliki SERP CTR Yang tinggi
Apa itu serp CTR, SERP (Search enggine result page) CTR (Click Throught
Rate) merupakan sebuah perhitungan perbandingan jumlah klik terhadap
jumlah sebuah judul tersebut ditemukan dihasil pencarian.Misal, Untuk
kata kunci tertentu, Judul blog anda mampu muncul dihasil pencarian
sebanyak 100 kali, dan ternyata jumlah klik yang dilakukan oleh pengguna
terhadap judul artikel blog anda di hasil pencarian adalah 10, maka
SERP CTR untuk artikel anda tersebut adalah 10/100 x 100%=10%, semakin
tinggi nilai CTR yang dimiliki oleh artikel blog anda maka itu akan
semakin baik dimata mesin pencari.
Tahukan anda bahwa SERP - CTR
adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan otoritas artikel anda
dimata mesin pencari namun harus didukung oleh konten yang benar-benar
berkualitas.
ketika judul artikel blog anda berhasil diklik oleh
pengguna internet dan mereka menjadi pengunjung blog anda kemudian
menemukan bahwa artikel yang anda bahas berkualitas maka lambat laun
popularitas dan peringkat artikel anda dihasil pencarian akan semakin
baik.
#Trik membuat judul yang memiliki SERP CTR Tinggi?
Ada
sebuah pernyataan dari para pakar seo bahwa sebuah judul menarik akan
mampu meningkatkan CTR (click trought rate) artikel yang bersangkutan,
dan ini memang benar, anda harus mampu menyajikan judul menarik unik dan
membuat penasaran pengunjung blog anda.
beberapa tips membuat judul dengan serp ctr yang tinggi:
a.Libatkan angka misal 7 cara, 5 tips dll
b. Libatkan kata-kata yang membuat penasaran pengunjung, misal terbaik, tips ampuh, tercepat termudah dll.
c.
Buat judul yang sedikit berbeda dengan judul sejenis yang sudah
diterbitkan oleh pesaing anda, Untuk membuat judul setidaknya salah satu
yang harus anda lakukan adalah mengecek judul tersebut dihasil
pencarian, kemudian buatlah judul tersebut sedikit menarik namun masih
relevan (anda targetkan bahwa judul tersebut akan mampu memancing
perhatian pengunjung)
Misal anda ingin membuat artikel dingen judul utama "
Cara membuat blog",
setelah anda cek di hasil pencarian ternyata banyak sekali judul yang
persis sama dengan judul tersebut, agar judul anda kelihatkan menarik
anda bisa menambahkan unsur-unsur judul yang dapat memancing pengguna
namun berbeda dengan judul yang sudah anda tapi masih relevan, misal
"Cara membuat blog dengan 5 langkah praktis" dll
2. Buatlah Konten yang berkualitas
Satu hal yang jangan sampai anda lupakan adalah jangan pernah
sekali-kali membuat artikel yang asal-asalan, meskipun anda banjiri
artikel tersebut dengan backlink, dan artikel anda pada awalnya mampu
berada diposisi pertama, lambat laun artikel tersebut akan merosot,
karen saya percaya semakin hari teknologi mesin pencarian google semakin
menggunakan pendekatan pola pikir manusia (user oriented), meskipun
awalnya artikel blog anda mampu menjaring pengunjung organik namun jika
artikel anda kurang informatif serta tidak banyak mengandung informasi
yang diperlukan oleh pengunjung, lambat laun artikel anda akan merosot.
Akan
ada banyak artikel pesaing anda di hasil pencarian google, dan bisa
jadi pengunjung tidak hanya mengunjungi artikel anda saja, ketika
pengunjung mengunjungi artikel anda dan merasa puas dengan apa yang anda
sajikan tanpa mereka mengunjungi artikel lainnya di hasil pencarian
google, maka ini sebuah nilai plush yang mampu meningkatkan reputasi
artikel anda artikel anda di hasil pencarian, dan google tau bahwa
artikel anda benar-benar informatif serta mampu memberikan informasi
yang memauskan terhadap pengunjung blog anda.
# Bagaimana saya mengukur kualitas konten artikel blog?
Berikut beberapa hal yang bisa anda jadikan acuan untuk mengukur akan seberapa berkualitas konten anda dimata mesin pencari:
a. Apakah konten anda bisa menjadi solusi setiap permasalahan yang dicari pengunjung?Untuk
membuat konten seperti ini anda harus mampu mengidentifikasi setiap
permasalahan terget pengunjung blog anda, kemudian menyajikan solusinya
diartikel blog anda.
Ini bisa jadi sebuah proses yang harus anda
persiapkan sebelum anda membuat sebuah artikel, setelah anda mengantongi
judul untuk artikel yang akan anda buat, maka selanjutnya anda harus
mengetahui setiap permasalahan yang mewakili judul tersebut. sehingga
anda bisa membahasnya didalam artikel anda. artikel seperti ini akan
mampu memuaskan pengunjung blog anda.
Silahkan anda cari informasi
tambahan di beberapa forum tanya jawab, seperti yahoo answer, quora,
atau di dalam komentar-komentar blog dengan judul yang relevan, temukan
pertanyaan yang di layangkan oleh pengguna disana dan sajikan bahasannya
di artikel blog yang akan anda buat.
b. Dwell Time yang baikDwell
time ( seberapa lama pengunjung blog anda menghabiskan waktu untuk
membaca artikel anda sampai mereka kembali ke hasil pencarian), Ini
merupakan salah satu google ranking faktor yang berkaitan dengan
dwell time
(waktu yang dibutuhkan pengunjung ketika mengunjungi artikel anda)
semakin berlama-lama itu bisa memberikan sebuah sinyal kepada mesin
pencari bahwa artikel anda sangat informatif dan menyenangkan).
c. Seberapa panjang artikel anda?Artikel panjang tentu akan mampu menyajikan informasi yang benar-benar detail dan memiliki potensi yang kaya dengan LSI Keyword (sebaiknya anda menyajikan artikel panjang namun sangat informatif dan bukan hanya sekedar panjang).
Ada
beberapa blogger yang mengatakan bahwa artikel panjang menurutnya
sangat membosankan, itu bukan berarti setiap artikel pendek
menyenangkan, jika artikel panjang yang anda sajikan bisa mewakili semua
yang diinginkan pengunjung saya kira itu akan lebih baik dan tentu
berpeluang meningkatkan bouncerate dan dwell time blog anda jika
dibandingkan dengan artikel pendek.
d. Apakah ada yang memborkmark artikel anda?Google
mampu mendeteksi bokmark yang dilakukan oleh browser google crome, jika
ada banyak sekali penggunjung yang mengunjungi blog anda melakukan
borkmark terhadap artikel anda, itu bisa memberikan sinyal kepada mesin
pencari bahwa artikel anda berkualitas.
e. Artikel anda harus mampu menjadi artikel satu-satunya yang dapat memuaskan pengunjungSaya
yakin judul yang kita buat pada umumnya akan memiliki banyak sekali
pesaing, bahkan mungkin dengan judul yang sama namun tentu dengan
pembahasan dan penyajian artikel yang berbeda.
Ketika pengguna
internet melakukan pencarian menggunakan mesin pencari google maka akan
ada banyak sekali saingan untuk artikel anda, dengan judul serupa bahkan
mungkin dengan judul yang sama persis, ketika artikel anda berhasil
dikunjungi kemudian pengunjung membaca artikel anda dan dia merasa puas
dengan artikel yang anda sajikan, dan artikel tersebut mampu membuat
pengunjung tidak mengunjungi artikel serupa lainnya yang mereka temukan
dihasil pencarian google, maka itu memberikan sinyal kepada mesin
pencari bahwa arikel anda sangat berkualitas.
Untuk membuat
artikel semacam ini tentu bukan perkara mudah, anda harus mampu
mengidentifikasi setiap permasalahan yang dimiliki oleh setiap
pengunjung blog anda untuk judul yang relevan., kemudian anda uraikan
dan sajikan solusinya secara dtail dan jelas pada artikel tersebut.
Optimasi SEO Onpage yang baik
Setidaknya anda harus melibatkan optimasi seo onpage yang baik,
baik untuk artikel yang anda buat maupun untuk template blog yang anda
gunakan. Bisa saja artikel blog anda sangat berkualitas
dan benar-benar sangat dibutuhkan oleh pengunjung blog anda, namun
jangan lupa sebisa mungkin anda harus melibatkan optimasi seo onpage
untuk artikel blog anda tersebut, sehingga artikel blog anda memiliki
kesempatan untuk muncul di page one google dengan lebih baik.
Kuantitas Update Artikel
Ada dua pilhan untuk mendatangkan banyak pengunjung ke blog anda,
yang pertama adalah membangun backlink berkualitas dan yang kedua adalah
sering-seringlah secara berkala untuk mengupdate artikel.
Membangun backlink memang memerlukan waktu, menguras tenaga dan
tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, tentu akan sulit sekali apalagi
potensi membangun backlink yang salah akan merugikan blog, bukan
popularitas yang akan blog kita dapatkan namun bisa jadi penalty dari
google.
Jika anda kesulitan membangun backlink alternatif untuk
meningkatkan pengunjung ke blog anda adalah menerbitkan artikel secara
kontinue dan teratur.
# Kesimpulan
Perlu anda ketahui bahwa untuk mendatangkan banyak pengunjung
organik ke blog anda, artikel anda tidak harus nagkring di no 1 google,
cukup bisa berada di halaman 1 (page one) google sudah cukup memiliki potensi blog anda
kebanjiran pengunjung, setiap kali pengguna merasa tertarik dengan judul
yang anda buat maka artikel tersebut akan mampu mendatangkan banyak
pengunjung ke blog anda.
ReplyDeleteHello,
we provide affordable and result-oriented SEO services, please give a chance to serve you.
Thanks
Admin: E07.net